Pemain Terbaik Piala Afrika 2010 Angola

REKOR sebagai pemain dengan catatan caps terbanyak di timnas Mesir telah dipecahkan oleh Ahmed Hassan di Piala Afrika 2010. Dia melampaui caps Hossam Hassan yang telah bertahan empat tahun dengan bermain di 169 laga.

Selama ini, Hossam bukan saja pemain Mesir dengan caps terbanyak, melainkan juga salah seorang pemain yang telah tiga kali mengantarkan Mesir menjuarai Piala Afrika. Seiring dengan sukses di Piala Afrika 2010, Hassan mampu melebihi Hossam.

Ya, Hassan menjadi salah seorang di antara dua pemain yang memegang rekor pemain yang sukses mengantarkan timnasnya menjadi juara empat kali di Piala Afrika. Selain Hassan, yang berstatus kapten, ada kiper Mesir Essam El-Hadary.

Sebelum merengkuh hat-trick juara Piala Afrika, yakni 2006, 2008, dan 2010, gelandang berusia 34 tahun tersebut kali pertama merebut gelar juara Piala Afrika pada edisi 1998. Ketika itu dia masih menjadi pemain muda di Mesir. Usianya saat itu 23 tahun.

Meski baru berusia 23 tahun, Hassan telah mendapatkan kepercayaan untuk turun ke lapangan. Dia memulai karir di timnas sejak masih berusia 20 tahun. Dia melakoni debut ketika Mesir menjalani friendly game dengan Ghana pada 29 Desember 1995.

"Tentu saja, ketika itu saya tidak menyangka bisa mencapai prestasi seperti itu. Sebagai pribadi, saya sangat bangga dengan semua itu. Namun, yang lebih penting adalah sukses Mesir di Afrika," tutur Hassan seperti dikutip ESPN Star.

Sayang, hingga usia sudah mencapai 34 tahun, masih ada prestasi lain yang belum mampu dia capai, yakni tampil di Piala Dunia. Nyaris saja Hassan dan Mesir tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Tapi, mereka kalah dari Aljazair di playoff.

"Dengan lawan yang dihadapi, kami telah buktikan bahwa kami adalah yang terbaik di Afrika. Kami tidak datang untuk balas dendam meski memang menginginkan Piala Dunia. Semoga Aljazair beruntung di Piala Dunia," kata Hassan.Karena itu, meski tidak lagi muda, dia sama sekali belum memberikan sinyal akan gantung sepatu dari timnas. "Selama timnas membutuhkan, saya akan selalu ada dan melakukan yang terbaik," terang dia.

Soal usia, Hassan telah membuktikan bahwa itu bukan halangan untuk berprestasi. Faktanya, dia masih mampu tampil hebat. Hassan juga terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Afrika 2010. Dia mengulang sukses empat tahun lalu.

Pada Piala Afrika 2006, dia mampu mengantarkan Mesir menjuarai di Piala Afrika dan terpilih sebagai pemain terbaik. "Tidak ada masalah dengan usia saya. Buktinya, saya masih bisa bermain di banyak pertandingan," tegas dia. 

BIODATA: 

Nama : Ahmed Hassan Kamel

Lahir : Maghagha, 2 Mei 1975 

Kebangsaan : Mesir

Tinggi : 172 cm

Posisi : Gelandang, Winger

Caps/gol : 172 laga (31 gol)

Prestasi 

Juara Piala Turki 2006 (Besiktas)

Juara Liga Belgia 2007 (Anderlecht)

Juara Piala Belgia 2008 (Anderlecht)

Juara Liga Mesir 2009 (Al Ahly)

Juara Piala Afrika 1998, 2006, 2008, 2010 (Mesir)

Prestasi Individu 

Pemain Terbaik Piala Afrika 2006 dan 2010

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
© 2010 Koranku | Blogger.com