2 Chelsea v Arsenal 0

Nasib Arsenal dalam perburuan titel Premier League musim ini berada di ujung tanduk. The Gunners -sebutan Arsenal- sekali lagi kehilangan tiga poin setelah dikalahkan Chelsea 0-2 di Stadion Stamford Bridge kemarin dini hari. 

Kekalahan itu membuat Cesc Fabregas dkk tertinggal sembilan poin dari Chelsea yang kembali memuncaki klasemen (58-49). Kondisi itu memaksa pelatih Arsenal Arsene Wenger berpikir realistis. Dia menyatakan, peluang Arsenal merebut gelar musim ini semakin menipis. "Posisi kami saat ini tidak bagus. Tapi, kami tidak menyerah," tegas Wenger sebagaimana dikutipAssociated Press

"Kami tidak beruntung, seperti halnya saat melawan Manchester United (kalah 1-3, Red). Kalau sebuah tim kalah, secara psikologis itu sangat berpengaruh pada game berikutnya. Itulah ketidakberuntungan kami," lanjut pria berjuluk The Professor itu. 

Arsenal sebenarnya tampil dominan. Pada babak pertama, mereka menciptakan beberapa peluang lewat Andrei Arshavin, Samir Nasri, dan Theo Walcott. Namun, pertahanan tangguh The Blues -sebutan Chelsea- membuat serangan pasukan Arsenal kandas. 

Sebaliknya, Chelsea sukses mencuri dua gol lewat serangan balik yang cepat. Gol pertama lahir lewat tendangan jarak dekat Didier Drogba pada menit ke delapan. Dia memanfaatkanheading John Terry yang tepat mengarah ke gawang Manuel Almunia. 

Nah, 15 menit kemudian, counter attack yang sama kembali berbuah gol buat tuan rumah. Diawali dribel Frank Lampard dari tengah lapangan, dia meneruskan bola ke Drogba. Setelah mengecoh dua defender Arsenal, striker asal Pantai Gading itu melepaskan tembakan keras ke sisi kiri atas gawang Almunia. 

Hasil tersebut seolah mengulang pertemuan pada putaran pertama lalu. Saat itu, di Emirates, Chelsea mempermalukan Arsenal skor 3-1. Dua gol The Blues merupakan kreasi Drogba. 

Wenger punya banyak alasan soal kekalahan timnya kali ini. Dia menuduh Chelsea memainkan sepak bola negatif. Terbukti, tim besutan pelatih Carlo Ancelotti itu jarang mengambil inisiatif menyerang. Wenger juga menyebut para defender Chelsea bermain kasar untuk menghentikan serangan Arsenal. 

"Kami menguasai bola sepanjang pertandingan, sekitar 70 persen. Kami selalu menekan pertahanan mereka," papar Wenger sebagaimana dilansir Independent

"Mereka sangat berpengalaman dalam bertahan. Mereka berani melanggar. Tapi, mereka melakukannya dengan halus sehingga terhindar dari kartu kuning. Pemain berpengalaman memang sangat pintar bikin trik-trik curang," lanjut pelatih asal Prancis itu.

Ancelotti menegaskan, timnya unggul berkat pertahanan yang prima. "Kami punya motivasi tinggi karena ingin merebut mahkota Premier League dan trofi lainnya. Itulah satu-satunya kunci kemenangan kami, bukan yang lain," kata pria Italia itu kepada AFP

"Pertahanan kami sangat fantastis. Kami berupaya mencetak lebih banyak skor, tapi kadang pertahanan memang lebih penting," lanjut dia. 

Ancelotti memuji kapten Chelsea John Terry yang tampil bagus. "John (Terry) menunjukkanattitude positif yang sangat membantu saat kami harus menghadapi serangan Arsenal yang berbahaya. Sepak bola tidak hanya menyerang. Sepak bola adalah gabungan dari serangan,defense, dan hasil akhir. Dilihat dari tiga sektor itu, kami memang pantas menang," tegas eks pelatih AC Milan itu.

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
© 2010 Koranku | Blogger.com