PAGELARAN WAYANG KULIT


Dalam rangka jamasan pusaka tombak kyai Upas yang dilakukan pada Jum�at, 1 January 2010, di pendopo kanjengan digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Dalam acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Drs.Pitoyo ini menghadirkan asli Tulungagung yakni Ki Budi Plandang Sujarwo dengan lakon Seno Jago.
Lakon wayang yang menceritakan tentang kisah kepahlawanan Sang Bimo atau Brontoseno yang mendapat tugas dari dewa untuk menumpas pemberontakan ada di kayangan ini terbuka untuk umum dan bisa disaksikan juga oleh masyarakat sekitar Pendopo Kanjengan. 
Bagi penggemar wayang kulit yang jauh dari Pendopo Kanjengan ini jga bisa menikmati pagelaran wayang tersebut karena pagelaran ini disiarkan langsung di radio RKPD Tulungagung dengan gelombang 106,6 Mhz. 
Dalam sambutannya, Pitoyo mengatakan bahwa dengan diadakannya pagelaran wayang ini supaya tidak hanya dijadikan tontonan belaka tetapi agar diambil hikmahnya untuk dijadikan tutunan dalam ber perilaku kehidupan sehari-hari. Dengan begitu warga Tulungagung lebih siap untuk menghadapi tahun yang akan datang sehingga tetap guyub rukun didalam membangun Tulungagung

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
© 2010 Koranku | Blogger.com